Kamis, 07 Februari 2013

Bedah KISI - KISI UN 2013

UJIAN NASIONAL  tinggal menghitung hari. Persiapan yang baik adalah kunci dari kesuksesan, untuk itu blog ini  mencoba ikut berpartisipasi dengan menyediakan KISI kisi UN adan membedahnya, silahkan di coba




·   Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks
1.       Gagasan utama paragraf
-          Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
·   Menentukan persamaan isi berita
2.       Persamaan isi kedua kutipan artikel
-          Disajikan dua kutipan artikel, siswa dapat menentukan persamaan ide kedua kutipan artikel tersebut
·   Menentukan perbedaan penyajian berita
3.       Perbedaan isi dari 2 berita yang ditampilkan
-          Disajikan 2 berita, siswa dapat menentukan perbedaan isi 2 berita yang ditampilkan (tidak lagi model siapa-kapan-dimana dst)
·   Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
4.       Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat: (2 soal biografi, 1 soal iklan),
Tokoh: WR Supratman, Chairil Anwar, Adam Malik, Mohamad Hatta
ü  menentukan keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut (istimewa=suatu kemampuan yg tidak dimiliki oleh orang lain)
ü  menentukan sifat yg baik untuk diteladani sesuai biografi tokoh tsb (diteladani= sesuatu yang bisa diikuti)
     -     Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat dalam iklan tersebut
·   Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan
    7.     Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat/bagian iklan yang berupa fakta
·   Menyimpulkan isi paragraf
8.       Pendapat akhir seseorang berdasarkan hasil bacaan atau keadaan
·  Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
9.       Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan penjelasan/pernyataan isi grafik tersebut (gunakan grafik garis atau diagram batang)
10.    Disajikan tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut (simpulan harus menyeluruh dari semua data yang ada. Bila pada jawaban hanya sebagian, maka jawaban tsb hanyalah sebuah pernyataan)
11.    Disajikan denah, siswa dapat menentukan perjalanan paling efektif
12.    Disajikan bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
-          Disajikan sebuah puisi siswa dapat:
13.    Menentukan tema puisi
14.    Menentukan larik bermajas
15.    Menentukan perbedaan pesan 2 puisi yang ditampilkan
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen/cerita anak
-          Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:
16.    Menentukan latar cerpen tersebut
17.    Menentukan bukti watak tokoh cerpen
-          cara menggambarkan watak tokoh oleh pengarang (percakapan oleh tokoh-tokoh lain, pembicaraan tokoh itu sendiri, reaksi tokoh terhadap keadaan, diterangkan langsung oleh pengarang)
18.    Menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam kutipan cerpen
-          Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan
19.    amanat cerita
20.    konflik dalam cerita

·  Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
21.    Disajikan kutipan dua novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua novel tersebut (bisa berupa perbedaan sudut pandang, penggunaan bahasa, tema, latar, penggambaran tokoh)
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
-          Disajikan kutipan naskah drama,siswa dapat:
22.    Menentukan suasana dalam drama tersebut (suasana secara keseluruhan)
23.    Menentukan latar tempat atau waktu drama
·  Menulis catatan pengalaman pada buku harian
24.    Disajikan ilustrasi kegiatan pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan kalimat catatan buku harian yang tepat sesuai ilustrasi
·  Menulis pesan singkat sesuai konteks
25.    Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi
·  Menulis laporan/pengumuman/resensi
26.    Disajikan kalimat-kalimat laporan secara acak, siswa dapat menyusun laporan yang benar
27.    Disajikan sebuah ilustrasi siswa dapat menentukan isi pengumuman
28.    Disajikan data-data buku termasuk keunggulan dan kelemahannya, siswa dapat membuat paragraf resensi yang sesuai data tersebut
·  Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
29.    Disajikan ilustrasi tentang kegiatan kemanusiaan, siswa dapat menentukan isi surat pribadi sesuai ilustrasi
30.    Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat
31.    Disajikan ilustrasi tentang kondisi lingkungan yang tidak nyaman, siswa dapat menentukan kalimat surat pembaca sesuai ilustrasi tersebut
·   Menulis rangkuman
32.    Disajikan bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman yang tepat bacaan (teknisnya: tentukan gagasan utama dari paragraf yang tersedia, lalu gabungkan gagasan tsb menjadi satu paragraf)
·   Menulis teks berita sesuai konteks
33.    Disajikan ilustrasi peristiwa, siswa dapat menentukan paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi
·   Menulis slogan sesuai konteks
34.    Disajikan ilustrasi kegiatan kemasyarakatan, siswa dapat menentukan slogan yang tepat sesuai ilustrasi
·   Menulis iklan sesuai konteks
35.    Disajikan ilustrasi berupa data barang yang akan dijual, siswa dapat menentukan iklan baris yang tepat sesuai data tersebut
·   Menyusun petunjuk melakukan sesuatu
36.    Disajikan petunjuk melakukan sesuatu secara acak, siswa dapat menyusunnya
37.    Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang dua petunjuknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
·   Menulis teks pidato
38.    Disajikan teks pidato yang penggunaan kalimat sapaannya salah, siswa dapat menentukan perbaikannya
39.        -   Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian (pembuka, isi, penutup) teks pidatonya
atau
-          Disajikan teks pidato yang salah satu bagiannya (pembuka, isi, penutup) dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
(Soal no. 40 ada 2 pilihan, pilih salah satu)
·       Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
40.    Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan karya ilmiah sesuai dengan tema tersebut.
41.    Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat sesuai simpulan tersebut
·       Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
42.    Disajikan kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan benar
43.    Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut  (waspadai penggunaan tanda koma)
44.    Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya (variasi bentuk soal ada 3 macam: ada kalimatnya langsung dibenarkan, ada pula kata-kata apa yang harusnya dihilangkan, dan tempat yang tepat dalam meletakkan tanda baca)
·       Melengkapi pantun
45.    Disajikan sebuah pantun yang  dua lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan benar
·       Melengkapi puisi
46.    Disajikan puisi yang beberapa katanya rumpang, siswa dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapinya agar menjadi padu dan berima (melengkapi dengan sebuah kata atau beberapa kata)
47.    Disajikan ilustrasi pengalaman seseorang siswa dapat membuat puisi sesuai ilustrasi tersebut (tema puisi cenderung pada pembentukan karakter/semangat anak)
·       Melengkapi naskah drama
48.    Disajikan naskah drama dengan petunjuk lakuan salah, siswa dapat menentukan perbaikannya (kaitkan dengan ucapan tokoh sebelum dan sesudah petunjuk lakuan)
49.    Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan dialog sederhana bedasarkan kutipan tersebut (perhatikan: siapa yang berbicara, bagaimana petunjuk lakuan)
50.    Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang dua dialognya dirumpangkan, siswa dapat menentukan dialog yang tepat untuk melengkapinya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut