UJIAN NASIONAL tinggal menghitung hari. Persiapan yang baik adalah kunci dari kesuksesan, untuk itu blog ini mencoba ikut berpartisipasi dengan menyediakan KISI kisi UN adan membedahnya, silahkan di coba
·
Mengidentifikasi isi dan
bagian suatu teks
1.
Gagasan utama paragraf
-
Disajikan sebuah paragraf,
siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
·
Menentukan persamaan isi
berita
2.
Persamaan isi kedua kutipan
artikel
-
Disajikan dua kutipan
artikel, siswa dapat menentukan persamaan ide kedua kutipan artikel tersebut
·
Menentukan perbedaan
penyajian berita
3.
Perbedaan isi dari 2 berita
yang ditampilkan
-
Disajikan 2 berita, siswa
dapat menentukan perbedaan isi 2 berita yang ditampilkan (tidak lagi model
siapa-kapan-dimana dst)
·
Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan
4.
Disajikan kutipan biografi
tokoh, siswa dapat: (2 soal biografi, 1 soal iklan),
Tokoh: WR Supratman,
Chairil Anwar, Adam Malik, Mohamad Hatta
ü menentukan
keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut (istimewa=suatu
kemampuan yg tidak dimiliki oleh orang lain)
ü menentukan
sifat yg baik untuk diteladani sesuai biografi tokoh tsb (diteladani= sesuatu
yang bisa diikuti)
- Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat dalam
iklan tersebut
·
Menentukan kalimat
fakta/opini dalam teks iklan
7. Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat/bagian iklan yang berupa fakta
·
Menyimpulkan isi paragraf
8.
Pendapat akhir seseorang
berdasarkan hasil bacaan atau keadaan
·
Mengidentifikasi isi
grafik, tabel, bagan,
denah
9.
Disajikan sebuah grafik,
siswa dapat menentukan penjelasan/pernyataan isi
grafik tersebut (gunakan grafik garis atau diagram batang)
10.
Disajikan tabel, siswa
dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut (simpulan harus menyeluruh dari semua data yang
ada. Bila pada jawaban hanya sebagian, maka jawaban tsb hanyalah sebuah
pernyataan)
11.
Disajikan
denah, siswa dapat menentukan perjalanan paling efektif
12.
Disajikan
bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut
·
Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi
-
Disajikan
sebuah puisi siswa dapat:
13.
Menentukan
tema puisi
14.
Menentukan
larik bermajas
15.
Menentukan
perbedaan pesan 2 puisi yang ditampilkan
·
Mengidentifikasi unsur
intrinsik cerpen/cerita anak
-
Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat:
16.
Menentukan
latar cerpen tersebut
17.
Menentukan
bukti watak tokoh cerpen
-
cara
menggambarkan watak tokoh oleh pengarang (percakapan oleh tokoh-tokoh lain, pembicaraan
tokoh itu sendiri, reaksi tokoh terhadap keadaan, diterangkan langsung oleh
pengarang)
18.
Menentukan
cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam kutipan cerpen
-
Disajikan
kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan
19.
amanat
cerita
20.
konflik
dalam cerita
·
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel
21.
Disajikan
kutipan dua novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua novel
tersebut (bisa berupa perbedaan sudut pandang, penggunaan bahasa, tema, latar,
penggambaran tokoh)
·
Mengidentifikasi unsur
intrinsik drama
-
Disajikan
kutipan naskah drama,siswa dapat:
22.
Menentukan
suasana dalam drama tersebut (suasana secara keseluruhan)
23.
Menentukan
latar tempat atau waktu drama
·
Menulis catatan pengalaman
pada buku harian
24.
Disajikan
ilustrasi kegiatan pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan kalimat catatan
buku harian yang tepat sesuai ilustrasi
·
Menulis pesan singkat
sesuai konteks
25.
Disajikan
ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang tepat
berdasarkan ilustrasi
·
Menulis laporan/pengumuman/resensi
26.
Disajikan
kalimat-kalimat laporan secara acak, siswa dapat menyusun laporan yang benar
27.
Disajikan
sebuah ilustrasi siswa dapat menentukan isi pengumuman
28.
Disajikan
data-data buku termasuk keunggulan dan kelemahannya, siswa dapat membuat paragraf
resensi yang sesuai data tersebut
·
Melengkapi surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca
29.
Disajikan
ilustrasi tentang kegiatan kemanusiaan, siswa dapat menentukan isi surat
pribadi sesuai ilustrasi
30.
Disajikan
kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat
31.
Disajikan
ilustrasi tentang kondisi lingkungan yang tidak nyaman, siswa dapat menentukan
kalimat surat pembaca sesuai ilustrasi tersebut
·
Menulis rangkuman
32.
Disajikan
bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman yang tepat
bacaan (teknisnya: tentukan gagasan utama dari paragraf yang tersedia, lalu
gabungkan gagasan tsb menjadi satu paragraf)
·
Menulis teks berita sesuai
konteks
33.
Disajikan ilustrasi peristiwa, siswa dapat menentukan
paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi
·
Menulis slogan sesuai
konteks
34.
Disajikan
ilustrasi kegiatan kemasyarakatan, siswa dapat menentukan slogan yang tepat
sesuai ilustrasi
·
Menulis iklan sesuai
konteks
35.
Disajikan ilustrasi berupa data barang yang akan
dijual, siswa dapat menentukan iklan baris yang tepat sesuai data tersebut
·
Menyusun petunjuk melakukan
sesuatu
36.
Disajikan petunjuk melakukan sesuatu secara acak,
siswa dapat menyusunnya
37.
Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang dua
petunjuknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
·
Menulis teks pidato
38.
Disajikan teks pidato yang penggunaan kalimat
sapaannya salah, siswa dapat menentukan perbaikannya
39.
- Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian (pembuka, isi,
penutup) teks pidatonya
atau
-
Disajikan teks pidato yang salah satu bagiannya
(pembuka, isi, penutup) dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
(Soal
no. 40 ada 2 pilihan, pilih salah satu)
·
Menulis rumusan masalah
karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
40.
Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan
rumusan karya ilmiah sesuai dengan tema tersebut.
41.
Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat
menentukan saran yang tepat sesuai simpulan tersebut
·
Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata
42.
Disajikan kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan
huruf kapital, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan benar
43.
Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat
menentukan penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut (waspadai penggunaan tanda koma)
44.
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat
menentukan perbaikannya (variasi bentuk soal ada 3 macam: ada kalimatnya
langsung dibenarkan, ada pula kata-kata apa yang harusnya dihilangkan, dan
tempat yang tepat dalam meletakkan tanda baca)
·
Melengkapi pantun
45.
Disajikan sebuah pantun yang dua lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan benar
·
Melengkapi puisi
46. Disajikan puisi yang beberapa
katanya rumpang, siswa dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapinya
agar menjadi padu dan berima (melengkapi dengan sebuah kata atau beberapa kata)
47. Disajikan ilustrasi pengalaman
seseorang siswa dapat membuat puisi sesuai ilustrasi tersebut (tema puisi
cenderung pada pembentukan karakter/semangat anak)
·
Melengkapi naskah drama
48.
Disajikan naskah drama dengan petunjuk lakuan salah,
siswa dapat menentukan perbaikannya (kaitkan dengan ucapan tokoh sebelum dan
sesudah petunjuk lakuan)
49.
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
dialog sederhana bedasarkan kutipan tersebut (perhatikan: siapa yang berbicara,
bagaimana petunjuk lakuan)
50.
Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang dua
dialognya dirumpangkan, siswa dapat menentukan dialog yang tepat untuk
melengkapinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar