Jumat, 20 Januari 2012

BATU NGOMPAL (Ilmu Tajwid)

Oleh TGKH. Zaenuddin Abdul Majid 


Belajar Olehmu Tajwid yang soheh
Karena Qur'an turunnya Faseh
Jangan membaca Bacaan Qobeh
Takut ancaman Hadits yang Soheh


RAJIN BERGURU PADA AHLINYA
BACA OLEHMU BACAAN JIBRILA # JANGAN MEMBACA BERMAIN GILA
FIRMAN ILAHI DI DALAM TANZILA # WAROTTILIL QUR’ANA TARTILA

RAJIN BERGURU PADA AHLINYA
JARANGLAH PANDAI MEMBACA QUR’AN # KEBANYAKAN ASIK TIDAK KARUAN
MALU BERGURU TAJWIDNYA QUR’AN # BESAR KEPALA TAKUT  TEGURAN

RAJIN BERGURU PADA AHLINYA
AYO HAI SAUDARA AYO HAI SAUDARI # TUNTUTLAH ILMU SETIAP HARI
JANGAN BERMEGAH KESANA KEMARI # AGAR SELAMAT BELAKANG HARI

PENDAHULUAN

KATA FEKIR YANG MENGHARAP RAHMAT TUHAN
KHODIMU TOLLABIM BINAH DOTIL WATHAN
ALHAMDULILLAHI DENGAN SHALAT SALAM
ATAS MUHAMMAD PENGHULU KULIL ANAM

WAALIHI DAN SOHABATNYA YANG NUJUM
DAN TABI’IN DAN MUSLIMIN DENGAN UMUM
WABA’DU INI TERJEMAH MELAYU
UNTUK ANAK YANG MUBTADI BERGURU

ANAK SASAK BANGSAKU INDONESIA
PADA HUKUM TAJWID KITAB YANG MULIA
DITERJEMAH DARI NAZOM YANG BERNAMA
TUKHFATUL  ATFALI KITAB YANG UTAMA

DINAMAKAN NAZOM BATU NGOMPAL ATAS
AIR OTAK MURID RAJIN TIDAK MALAS
MOGA-MOGA NAZOM INI BERMANFAAT
BAGI UMUM DI DUNIA WA AKHIRAT


HUKUM  NUN MATI DAN TANWIN
TSABIT BAGI NUN YANG MATI DAN TANWIN
EMPAT HUKUM MAKA BACALAH TABIYIN

YANG PERTAMA HUKUM IZHAR KHALQI
JIKA DALAM DATANG SEBELUM HURUFIL KHALQI
ENAM HURUF YAITU HAMZUN HA’U
AINUN WAHAUN SUMMA GHAINUN KHO’U

YANG  KEDUA NAMA HUKUMNYA IDGOM
DI YARMULUNA TERSUSUN NYATA ENAM
HURUF INI QISMANI BILA BERTEMU
IDGOM BIGUNNATIN HURUFNYA YANMU

TAPI JIKA PERTEMUAN DI KALIMAH
SATU (KASINWANIN WADUNYA) TERTEGAH
YANG KEDUA (IDGOM BIGOIRI GUNNAH)
DALAM HURUF (ROL) TERDAPAT FAHAMLAH

KETIGANYA IQLABU INDAL BA’I
SUARA MIM DENGUNG SAMA IKHFA’I
HUKUM KEEMPAT DINAMAKAN IKHFA’
PADA HURUF YANG BAQIAT MINAL HIJA’

LIMA BELAS HURUFNYA TERBILOANG TERANG
CUKUP PADA AWAL KALAM BAIT YANG DATANG
SIF ZASANA KAMJADA SYAHSUN QOD SAMA
DUM TOYIBAN ZIDFI TUQON DO’ ZOLIMA


HUKUM MIM TASDID DAN NUN TASDID

MIMUN WANUNUN SYUDDIDA DENGUNG KERAS
DINAMAKAN GUNNAH MUSYADDAH JELAS





HUKUM-HUKUM  MIM MATI

MIM YANG MATI BILA DATANG SEBELUM HIJA’
SELAINAN ALIF KATANYA ULAMA’
MAKA HUKUMNYA TERDAPAT TIGA RATA
IKHFA’UN IDGOMUN WA IZHARUN NYATA

YANG PERTAMA BERNAMA IKHFA’ SAFAWI
DATANGNYA QOBLAL BA’I TERKETAHUI
YANG KEDUA IDGOM BIMISLIHA ADA
LAH NAMANYA IDGOM SHOGIR HAI PEMUDA

YANG KETIGA IZHAR PADA BAQIAH
MIN AHRUFIN DINAMAKAN SAFWIYAH
AWAS JANGAN IKHFA’ PADA WAWIN WAFA
KARENA DEKAT DAN BERSATU JANGAN LUPA



HUKUM-HUKUM ALIF LAM (اَلْ )  DAN LAM FI’IL
 (لام الفعل ) 





LAM AL DUA HAL PEMUDA DAN PEMUDI
YANG PERTAMA IZHAR HURUFNYA TERJADI
EMPAT BELAS MAKA FAHAMKAN ROMZAH
DI ABGI HAJJAKA WAKHOF AQIMAH ( اَبْغِ حَجَّكَ  وَخَفْ عَقِيْمَةْ )

YANG KEDUA WAJIB DI IDGOM DALAM
EMPAT BELAS PULA RUMUSNYA DI DALAM
TIBTUM SUMMA SHIL ROHMAN TAFUZ DIFZA NI’AM
DA’ SU’AZONNI ZUR SYARIFAN LIL KAROM
طِبْتُمْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَانِعَم
دَعْ سُوْءَ طَنِّ زُرْشَرِيْفًا لِلْكَرَامِ  
LAM PERTAMA DINAMAKAN QOMRIYAH
LAM KEDUA DINAMAKAN SYAMSIYAH

IZHAR NYATALAH LAA FI’LU  MUTLAQO
SEPERTI QUL NA’AM WA QULNA WAL TAQO
( قُلْ نَعَمْ وَ قُلْنَا وَ الْتَقَى  )
 


KETERANGAN DINAMAKAN IDGOM MISLAIN,
 IDGOM MUTAQORIBAIN, IDGOM MUTAJANISAIN 


DUA HURUF JIKA AKUR PADA SIFAT
DAN MAKHROJ MISLAN YAKNI SEPAKAT
JIKA DUA MAKHROJ DATANG BERHAMPIRAN
DAN DI SIFAT BERSALAHAN DINAMAKAN
MUTAQORIBAIN TAPI JIKA BERSAMAAN
DI MAKHROJ DAN DI SIFAT BERSALAHAN
DINAMAKAN MUTAJANISAIN JIKA MATI
AWAL HURUF IDGOM SOGIR DI DAPATI
JIKA DUA HURUFNYA BERBARIS BENAR
LAH NAMANYA IDHOM YAKNI BESAR

 

 HUKUM-HUKUM MAD

DAN MAD ADA YANG ASLI ADA YANG FAR’I
YANG PERTAMA DINAMAKAN THOBI’I

TIDAK DIHENTIKAN ATAS SEBAB DATANG
DENGAN TIYADANYA HURUF TAK TERDATANG
MUTLAK HURUF LAINNYA HAMZAH AU SUKUN
MENGIRINGI MAD FATTOBI’I YAKUN

MAD KEDUA FAR’I TERHENTI ATAS
HAMZAH ATAU SUKUN SEMATA-MATA PAS
HURUFNYA TIGA TERSUSUN PADA LAFAZ
WA AU DI NUU HII HAA MISALNYA TERHAPUZ

JAR SEBELUM YA (DOMMA SEBELUM WAWIN QAT
FATHAH TETAP SEBELUM ALIF MESTI SYARAT
JADI HURUF LAIN YA SAMA WAWIN RATA
IN SAKANA DAN SEBELUM FATHAH NYATA



 HUKUM-HUKUM MAD BERSAMA HAMZAH

MAD DI DALAM QUR’AN SUCI TIGA HUKUM
ITU ALWUJUB WAL JAWAZU WAL LUZUM
MAD WAJIBUN  MUTTASILUN  BILA JITU
HAMZAH MENGIRINGI (MAD) DI KALIMAH SATU
MAD JAIZUN MUNFASILUN DUA WAJAH
BILAMANA MASING-MASING DI KALIMAH
BERSAMA’AN (IN AKRODUSSUKUNU)
PADA WAKAF SEPERTI (NASTA’IINU)
BILA ADA HAMZAH DATANG MENDAHULUI
MAD TERNAMALAH (MAD BADAL KA’AMANU)
MAD LAZIMUN TIGA ALIF (SUKUN) TETAP
MENGIRINGI MAD DI WASOL DAN DI WAKAF



HUKUM-HUKUM MAD LAZIM

EMPAT CUKUP KETERANGAN MAD LAZIMI

KARENA ADA (HARFI) ADA YANG (KILMI)
MASING-MASING (MUKHAFAFUN MUTSAQQOLUN)
MAKA INI EMPAT NYATA (MUFASSOLUN)

MAKA JIKA DI KALIMAH (SUKUN) DATANG
SERTA HURUF (MAD) BERNAMA (KILMI) TERANG
JIKA PADA HURUF (SULASI) TERDAPAT
MAD MENENGAHI NAMANYA (HARFI) TEPAT

JIKA DI (IDGOMUN) KAN (MUSAQQOL) NYATA
JIKA TIDAK MAKA (MUKHAFFAFUN) RATA
(MAD LAZIM HARFI) PADA AWAL SURAT
DI DELAPAN HURUF ADANYA TERDAPAT

KUMPUL PADA KATANYA (KAM ASAL NAQOS)
DAN INI DUA WAJAH NYATA (MAD) NYA (AKHOS)
DAN YANG LAIN HURUF (SULASI) TA’ ALIF
MADNYA (TOBI’I) DIBACA SATU ALIF

ITU PULA DALAM (FAWATIHUSSUWAR)
KUMPUL DI (HAYYUN TOHIRUN) NYATA BENAR
(MAJMUK FAWATIHUSSUWAR) EMPAT BELAS
(SILAH SIHIRAN MAN QOTA’AK) HAI AWAS



PENUTUP

CUKUP DENGAN (HIDAYAH ALLOHUSSOMAD)

(NAZOM) BATU NGOMPAL ATAS DI (QOSOD)
BERMI METERJEMAH DENGAN (RAJAZ ARAB)
DAN TERHIAS DENGAN (LISAN) ORANG ARAB
DI TERJEMAH OLEH OTAK LUAR (JASAD)
TAHUN TETAP TAFA PIKIRKAN DI (JASAD)
WAHAI ADIK HAI SAUDARA HAI SAUDARI
COBA UKUR INI SYA’IR KANAN KIRI
MUSTAFILUN MUSTAFILUN MUSTAFILUN
MUSTAFILUN MUSTAFILUN MUSTAFILUN
MOGA TUHAN YANG BERSIFAT (RAHMAN RAHIM)
MENGARUNIA FAHAM JELAS JADI ALIM
PUJI ILAHI DAN (SHOLAT) SERTA (SALAM)
ATAS NABI DAN SEMUA (ALATTAMAM)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar